Makalah Analisis Sistem Informasi Akademik UNIPDU
LAPORAN PENELITIAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI UNIPDU JOMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PIECES
Di Susun Untuk Memenuhi Ujian Tengah Semester
“Pengembangan Implementasai Sistem Informasi”
DOSEN PENGAMPU :
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 2
- Nur Kholisah (4117029)
- Diana Ayu Mufatikha (4117033)
- Zulia Dwi Kartikasari (4117039)
- Hilsya Reda Agus Santoso (4117044)
- Anton Prasetya (4117066)
- Akhmad Shofyan Ibrahim Z. (Ketua) (4117087)
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL 'ULUM
JOMBANG
2019
ABSTRAK
Universitas
Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu)
bertempat di Jombang ini menggunakan sistem akademik Siakad (Sistem Informasi
Akademik) yang dapat menyatukan semua informasi dari berbagai macam bagian
menjadi satu informasi secara logical sehingga bisa mendapatkan informasi yang
dibutuhkan secara mudah. Metode ini digunakan
untuk mengevaluasi bermacam macam
prosedur operasional dalam sebuah organisasi, perusahaan, institusi terkait,
maupun lembaga pemerintahaan. Hasil analisanya biasanya berupa
pernyataan-pernyataan yang menilai kelemahan dan kekurangan atau baik dan
buruknya. Dengan menggunakan Metode PIECES diharapkan dapat membantu
pemanfaatan website sistem informasi akademik (Siakad) pada Unipdu.
DAFTAR ISI
ABSTRAK........................................................................................................................ 1
DAFTAR
ISI..................................................................................................................... 2
BAB
I PENDAHULUAN................................................................................................. 3
1.1 Latar
Belakang...................................................................................................... 3
1.2 Rumusan
Masalah................................................................................................. 4
1.3 Tujuan Penelitian.................................................................................................. 4
1.4 Manfaat Penelitian................................................................................................ 4
BAB II LANDASAN TEORI.......................................................................................... 5
2.1 Analisis.................................................................................................................. 5
2.2 Siakad.................................................................................................................... 6
2.3 Siakad Unipdu....................................................................................................... 6
BAB III METODE PENELITIAN................................................................................... 7
3.1 Metode
Penelitian.................................................................................................. 7
BAB IV HASIL PENILITIAN......................................................................................... 9
4.1 Hasil Wawancara................................................................................................... 9
BAB V PENUTUP.......................................................................................................... 11
5.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 11
5.2 Saran.................................................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Kehadiran sistem informasi telah
memberikan begitu banyak pengaruh terhadap sebuah organisasi, bukan hanya
organisasi namun pengaruh tersebut meluas hingga proses bisnis dan transaksi
organisasi. Namun apakah semua sistem informasi yang diterapkan pada organisasi
dapat dikategorikan berhasil? Lalu bagaimana organisasi dapat mengetahui
keberhasilan sistem informasi yang diterapkan dan bagaimana membuat sebuah
sistem informasi menjadi sukses.
Saat
ini komputer juga dapat digunakan sebagai pengolahan data dalam dunia
pendidikan, kesehatan, pemerintah, atau swasta maupun dalam bidang yang
lainnya. Komputer juga dapat digunakan sebagai media pencarian informasi untuk
mempermudah kerja dan kinerja orang yang menggunakannya. Informasi-informasi
tersebut sangat mudah didapatkan melalui teknologi jaringan internet yang telah tersebar luas
didunia.
Jaringan
internet merupakan sebuah
jaringan komputer dalam skala global mendunia. Jaringan komputer ini dapat
berskala international yang dapat membuat masing-masing komputer saling
berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dengan internet pula manusia bisa mendapatkan informasi dan dapat
saling berkomunikasi dimanapun mereka berada. Informasi yang terdapat di internet sangat mudah didapatkan
melalui situs web.
Suatu
universitas yang baik haruslah memiliki satu situs web guna memberikan
informasi kepada masyarakat tentang universitas tersebut. Informasinya bisa
berupa sejarah, visi dan misi, kompetensi, profil, serta informasi akademik
yang ada pada universitas tersebut. Dengan ada nya informasi-informasi tersebut
maka masyarakat dapat menilai kualitas dari universitas, dan juga bisa
memberikan suatu kejelasan bagi siswa yang belajar melalui sistem informasi akademik
yang ada
1.2
Rumusan
Masalah
1. Apakah
yang dimaksud metode pieces ?
2. Apakah
yang dimaksud siakad ?
3. Bagaimana
analisis sistem siakad
dengan metode pieces ?
1.3
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian siakad ini :
1. Untuk
memperoleh gambaran secara umum mengenai penggunaan sistem informasi akademik pada UNIPDU
2. Untuk
mengetahui kendala atau masalah apa saja yang dihadapi dalam penggunaan sistem
informasi akademik pada
Universitas dan juga bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.
1.4 Manfaat
Penelitian
Adapun
manfaat dari penelitian siakad ini :
1.
Dapat mengetahui
bagaimana penggunaan sistem akademik pada
Unipdu.
2.
Dapat mengetahui
bagaimana pemanfaatan sistem akademik pada
Unipdu.
BAB II
LANDASAN
TEORI
2.1 Analisis
Analisis adalah aktivitas yang memuat sejumlah kegiatan seperti mengurai,
membedakan, memilih, sesuatu untuk digolongkan dan dikelompokkan kembali
menurut Dalam linguistik analisis adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah
bahasa guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam.
Sedangkan pada kegiatan sebuah laboratorium, analisis juga dapat diartikan
sebagai kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa kandungan suatu
zat dalam cuplikan pada kriteria tertentu lalu dicari kaitannya dan ditaksir
maknanya (Wiradi).
Selain pendapat diatas terdapat juga beberapa pengertian analisis dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi III (2001) sebagai berikut :
a)
penelitian suatu
peristiwa atau kejadian (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui
keadaan yang sebenarnya (sebab-akibat, duduk perkaranya, dan lain-lain);
b)
penguraian suatu
pokok atas bebrbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan
antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti
keseluruhan;
c)
penyelidik kimia
dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya;
d)
penjabaran
sesudah dikaji sebaik-baiknya;
e)
pemecahan
persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya.
Dalam Kamus Bahasa Indonesia yang dikarang oleh
Suharso dan Ana Retnoningsih (2005), analisis adalah penyelidikkan terhadap
suatu peristiwa (karangan, perbuatan dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan
yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkara dan sebagainya).
Dalam Kamus Bahasa Indonesia Departemen
Pendidikan Nasional (2005) menjelaskan bahwa analisis adalah penyelidikan
terhadap suatu peristiwa untukmengetahui keadaan yang sebenarnya Dari penjelasan
di atas dapat disimpulkan analisis adalah sebuah kegiatan yang dilakukan
seseorang untuk mengamati suatu objek dan mencari jalan keluardari sebuah permasalahan
suatu penelitian.
2.2 Siakad
SIAKAD (Sistem
Informasi Akademik) online adalah suatu Sistem Informasi Akademik yang dibangun
untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik
kampus secara online.
Kegiatan administrasi akademik kampus seperti; proses
Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu
Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, perwalian, pengelolaan data dosen &
mahasiswa yang dapat digunakan secara online. Sistem ini juga dapat berfungsi
sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus.
Ø Tujuan Siakad
Tujuan dari
adanya SIAKAD ini adalah penataan data dalam pengelolaan akademik serta
mempercepat dan memudahkan penyampaian informasi.
SIAKAD
dimaksudkan untuk pengelolaan dan bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat
pengelolaan informasi mulai dari registrasi mahasiswa baru, informasi-informasi
penting, pengisian KRS, jadwal kuliah hingga diwisudanya mahasiswa dapat
dikelola dengan sistem inforamasi akademik. Bukan hanya mahasiswa yang dapat
memanfaatkan SIAKAD, dosen serta seluruh civitas akademika juga dapat
menggunakannya.
2.3 Siakad Unipdu
Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Unipdu Jombang secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan
Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) yang menginginkan layanan
pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan
kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas sumber daya manusia yang
dihasilkannya.
SIAKAD akan membantu
dalam pengelolaan data mahasiswa, matakuliah, dosen serta administrasi
fakultas/program studi yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan
bantuan perangkat lunak secara efektif dan efisien.
Adapun beberapa fitur bagi mahasiswa untuk mengakses SIAKAD adalah dengan
cara membuka alamat pada web browser. Siakad untuk mahasiswa yang dikembangkan oleh Unipdu
memiliki beberapa menu sebagai berikut : BAK (Biro Administrasi Keuangan), MAHASISWA, WIFI ,
HELP , SITA (Sistem Informasi Tugas Akhir)
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Metode Penelitian
Disini kami menggunakan metode PIECES, metode PIECES adalah metode analisis sebagai dasar untuk
memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih spesifik. Dalam menganalisis
sebuah sistem, biasanya akan dilakukan terhadap beberapa aspek antara lain
adalah kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi dan pelayanan
pelanggan. Analisis ini disebut dengan PIECES Analysis
(Performance,Information, Economy, Control, Eficiency and Service).
Analisis PIECES ini sangat penting
untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam
analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang
bersifat gejala dari masalah utama. Metode ini menggunakan enam variable
evaluasi yaitu :
1.
Performance (kinerja)
Kinerja merupakan variable pertama
dalam metode analisis PIECES. Dimana
memiliki peran penting untuk menilai apakah proses atau prosedur yang ada masih
mungkin ditingkatkan kinerjanya, dan melihat sejauh mana dan seberapa handalkah
suatu sistem informasi dalam berproses untuk menghasilkan tujuan yang
diinginkan. Dalam hal ini kinerja diukur dari:
a)
throughput, yaitu jumlah pekerjaan/output/deliverables yang dapat dilakukan/ dihasilkan pada
saat tertentu.
b)
response time, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan untuk menghasilkan output/deliverables tertentu.
2.
Information (informasi)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki sehingga
kualitas informasi yang dihasilkan menjadi semakin baik. Informasi yang
disajikan haruslah benar–benar mempunyai nilai yang berguna. Hal ini dapat
diukur dengan :
a)
Keluaran (outputs): Suatu sistem dalam memproduksi keluaran.
b)
Masukan (inputs): Dalam memasukkan suatu data sehingga kemudian
diolah untuk menjadi informasi yang berguna.
3.
Economic (ekonomi)Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan manfaatnya (nilai gunanya) atau diturunkan biaya penyelenggaraannya.
4.
Control (pengendalian)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan sehingga
kualitas pengendalian menjadi semakin baik, dan kemampuannya untuk mendeteksi
kesalahan/ kecurangan menjadi semakin baik pula.
5.
Efficiency (efisiensi)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki, sehingga
tercapai peningkatan efisiensi operasi, dan harus lebih unggul dari pada sistem
manual.
6.
Service (layanan)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki
kemampuannya untuk mencapai peningkatan kualitas layanan. Buatlah kualitas
layanan yang sangat user friendly untuk end – user (pengguna) sehingga pengguna
mendapatkan kualitas layanan yang baik.
BAB IV
HASIL PENELITIAN
4.1 Hasil wawancara
Variable
|
Pertanyaan
|
Keterangan
|
Performance (Kinerja)
|
1.
Throughput
|
|
Apa
saja Output Yang di hasilkan Siakad Unipdu ?
|
Siakad
menghasilkan beberapa output antara lain untuk pihak BAK,Fakultas , dosen,
mahasiswa salah satu contoh output untuk mahasiswa adalah khs, jadwal kuliah
|
|
2.
Respone Time
|
||
Bagaimana
kinerja Siakad Unipdu dalam melakukan proses?
|
Siakad
cukup responsive untuk digunakan, akan tetapi ada beberapa bagian yang perlu
dioptimalkan lagi
|
|
3.
Audabilitas
|
||
Bagaimana
tingkat kesesuain fungsi kerja Siakad Unipdu dengan SOP / prosedur yang ditetapkan?
|
Siakad
sudah sesuai dengan SOP yang ada pada Universitas saat ini.
|
|
4.
Kelaziman komunikasi
|
||
Apakah
interface (tampilan) Siakad Unipdu mudah dipahami?
|
Siakad
mempunyai tampilan yang mudah dipahami akan tetapi untuk sekarang alangkah lebih
baik jika menddapat update pada tampilanya
|
|
5.
Toleransi Kesalahan
|
||
Apakah
saat Siakad Unipdu terganggu dapat mengakibatkan terganggunya proses bisnis
lain?
|
Untuk
saat ini jika siakad terganggu pada saat awal semester dan saat-saat ujian
maka akan sangat menggangu proses
bisnis yang ada apalagi untuk para mahasiswa
|
|
Information (Informasi)
|
6.
Akurasi
|
|
Bagaimana
tingkat akurasi yang dihasilkan dari Siakad Unipdu?
|
Akurasi
sudah sesuai untuk Layout yang dibutuhkan
|
|
7.
Relevansi Informasi
|
||
Apakah
output yang dihasilkan Siakad Unipdu sesuai dengan apa yang di butuhkan?
|
Output
yang dihasilkan berupa laporan, absensi, jadwal kuliah, dll sudah sesuai
kebutuhan yang ada sekarang
|
|
8.
Fleksibilitas Data
|
||
Bagaimana
tingkat kemudahaan dalam proses pengaksesan atau penggunaan data Siakad
Unipdu?
|
Untuk
mengkases Siakad Unipdu sangat mudah tingal terhubung ke internet dan membuka
browser dan saukan alamat siakad.unipdu.ac.id
|
|
Economic (Ekonomi)
|
9.
Reusabilitas
|
|
Bagaimana
kesesuaian tampilan informasi Siakad Unipdu dengan kebutuhan?
|
Untuk
layout laporan dan lain-lain sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada.
|
|
10.
Sumber Daya
|
||
Apa
saja Sumber daya yang dibutuhkan dalam pengembangan Siakad Unipdu?
|
Untuk
mengembangkan Siakad dibutuhkan sumber daya antara lain sever, Programer yang
handal agar siakad bias menjadi lebih baik lagi.
|
|
Control (Pengendalian)
|
11.
Reusabilitas
|
|
Apakah
hak akses yang ada Siakad Unipdu sesuia dengan fungsinya?
|
Hak
akses yang diberikan sangat sesuai, karena untuk dosen, mahasiswa, BAK,
Fakultas punya hak akses sesuai kebutuhan.
|
|
12.
Keamanan
|
||
Bagaimana
kemanan data dari Siakad Unipdu?
|
Untuk
selama ini keamanan data yang ada bias dibilang cukup, akan tetapi sempat ada
kasus oknum mhs menghack nilai pada siakad
|
|
Eficiency (Efisien)
|
13.
Usabilitas
|
|
Bagaimana
tingkat kesulitan dalam mempelajari dan mengoperasikan Siakad Unipdu?
|
Untuk
mengoperasikan Siakad Unipdu cukup mudah untuk semua kalangan, hanya untuk
adminnya butuh sedikit pengalaman untuk memahami Tampilan dan fiturnya
|
|
14.
Maintenance
|
||
Bagaimana
tata cara atau proses pemeliharan Siakad Unipdu?
|
Siakad
unipdu dibawah naungan Puskom Unipdu jadi mereka yang memelihara Siakad
|
|
Service (Layanan)
|
15.
Akurasi
|
|
Bagimana
ketelitian sistem informasi dalam menjalankan prosses Siakad Unipdu?
|
Sistem
berjalan dengan lancer tanpa ada kesalahan saat menjalakan fungsinya
|
|
16.
Reliabilitas
|
||
apakah
Siakad Unipdu dapat dipercaya dan diandalkan dalam menjalankan tugas yang
diminta?
|
Siakad
dapat dipercaya dan diandalkan untuk mengelola data mahasiswa akan tetapi
untuk saat ini siakad biasanya hanya digunakan saat awal semester ataupun
saat-saat ujian, tidak sepenuhnya digunakan setiap hari.
|
|
17.
Kesederhanaan
|
||
Apakah
layanan Siakad Unipdu mudah dipahami oleh pengguna?
|
Layanan
Siakad unipdu mudah dipahami oleh tiap-tiap pengguna
|
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Setelah
penulis mempelajari tentang analisis SIAKAD UNIPDU dengan metode PIECES maka
disimpulkan :
Ø SIAKAD
UNIPDU telah memiliki kinerja yang baik karena dapat memudahkan mahasiswa,
dosen dan juga karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya sehingga banyak
memberi manfaat kemudahan.
Ø SIAKAD UNIPDU
telah menampilkan informasi yang baik, relevan, namun kurang uptudate akan
perkembangan teknologi saat ini yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin,
sehingga mengurangi resiko human error.
Ø Dengan adanya
SIAKAD UNIPDU meminimalkan biaya yang dikeluarkan oleh pihak universitas dan
mahasiswa dari pada menggunakan sistem manual
5.2 Saran
Dari
kesimpulan diatas maka penulis mengharapkan peningkatan dan perawatan
(maintenance) pada situs web sistem informasi akademik pada Universitas Pseantren
Tinggi Darul Ulum Jombang guna mempertahankan dan meningkatkan sistem yang
lebih baik lagi.
DAFTAR
PUSTAKA
Full Makalah Download di :
Komentar
Posting Komentar