JAWABAN UAS ENTERPRISE APPLICATION INTEGRATION


JAWABAN UAS ENTERPRISE APPLICATION INTEGRATION


PENGGUNAAN EAI
EAI atau Enterprise Application Integration merupakan sharing data dan bisnis proses yang tidak terbatas antara aplikasi dan sumber data yang saling terkoneksi.
Alasan penggunaan EAI adalah untuk memenuhi permintaan perusahaan untuk sharing data dan bisnis proses tanpa melakukan perubahan aplikasi maupun struktur data. Dalam menerapkan EAI, dibutuhkan seseorang yang benar-benar memahami bisnis proses dalam suatu organisasi, karena tidak semua organisasi memiliki sistem yang sama dan tentu memiliki permasalahan yang berbeda.
Tujuan utama dalam melakukan integrasi aplikasi atau yang dikenal dengan EAI (Enterprise Application Integration) adalah untuk menghubungkan applikasi yang berbeda. Beberapa teknologi yang termasuk dalam EAI seberti Business-to-Business integration, hub and spoke message broker, enterprise service bus, legacy integration, portals and mobile integration, dan lain-lain.

PENGGUNAAN XML
XML(ExtensibleMarkupLanguage) adalah salah satu metamarkup language berupa teks biasa, namun XML lebih difokuskan untuk penyimpanan data bukan untuk menampilkan
Contoh penerapan :
a)      XML digunakan untuk membawa data pada API serpti SOAP.
b)      XML digunakan untuk membentuk struktur form pada pemrograman desktop sepert idelphi, lazarus, vb, gtk, dll.
c)      XML digunakan untuk membuat layout aplikasi android.
d)      XML bertugas untuk membentuk struktur proyek pada java yang menggunakan Maven.
e)      XML digunakan sebagai format file SVG, DOCX, dsb.
Berikut ini contoh dokumen XML sederhana kartu_nama.xml:


WEBSERVICE
Web service adalah aplikasi sekumpulan data(database), perangkat lunak(software) atau  bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan  sebuah perantara tertentu.
Web Services digunakan pada saat kita akan mentransformasi sebuat bisnis logik dan object yang terpisah dalam satu ruang lingkup yang menjadi satu (dalam sebuah institusi), sehingga tingkat keamanan data dapat ditangani dengan baik. Selain itu Web Service juga lebih mudah dalam process deploymentnya, karena tidak memerlukan registrasi khusus ke dalam sistem operasi. Web Service cukup diupload ke Web Server dan siap diakses oleh pihak-pihak yang telah diberikan otorisasi. Web Service berjalan di port 80 yang merupakan protokol standar HTTP, dengan demikian mengurangi resiko terblokir oleh firewall. Kendala arsitektur COM/DCOM adalah memerlukan konfigurasi khusus di sisi firewall, dan  ini tidak perlu dilakukan untuk mengakses Web Service.
Keuntungan web service yang selalu ditulis orang dalam berbagai media internet sangat banyak, antara lain:
  1. Web Service mempunyai sifat interoperability sehingga bisa diakses oleh aplikasi yang berjalan pada platform yang berbeda-beda.
  2. Web Service menggunakan standar dan protocol terbuka pada Internet.
  3. Dengan menggunakan HTTP atau SMTP, Web Service bisa menembus pengamanan firewall suatorganisasi tanpa mengubah konfigurasi firewall.
  4.  Web Service memungkinkan fungsi-fungsi pada banyak perangkat lunak di Internet untuk dipadukan menjadi satu Web Service baru.
  5.  Web Service memungkinkan penggunaan ulang layanan dan komponen.
  6. Web Service bersifat loosely-coupled terhadap client.
  7. Dukungan interface yang stabil.
  8. Secure
  9. Mengurangi biaya integrasi aplikasi enterprise.


PENGERTIAN JSON
JSON(dilafalkan"Jason"), singkatan dari Java Script Object Notation (bahasaIndonesia:  notasi objek Java Script), adalah suatu format ringkas pertukaran data komputer.
Contoh penerapan :
a)      JSON sebagai format untuk bertukar data client dan server atau antar aplikasi. Contoh : RESTful API.
b)      JSON sebagai tempat menyimpan data, contoh : Database Mongodb.
c)      JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi project, contoh : file composer.json pada  project PHP dan package.json pada Nodejs.
d)      JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi dan penyimpanan data pada Hugo.
e)      JSON digunakan untuk menyimpan konfigurasi project pada Nodejs.
f)       JSON digunakan untuk menyimpan data menifest.

PENERAPAN API
API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, komponen, dan protokol yang disediakan oleh sistem operasi ataupun bahasa pemrograman tertentu yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak.
Dalam API terdapat fungsi-fungsi atau perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalamsystem calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer.
Keuntungan menggunakan API:
  • Probabilitas
    API dapat digunakan untuk bahasa pemrograman ataupun untuk sistem operasi mana saja asalkan paket-paket API sudah terpasang.
  • Lebih Mudah Dimengerti
    API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.
  • Mudah Dikembangkan
    Dengan adanya API, memudahkan programmer untuk mengembangkan suatu sistem.
Salah satu penerapan API yaitu Google Maps API.Google Maps adalah layanan Google yang cukup popular ,anda dapat menambahkan fitur google maps dalam web anda sendiri dengan google maps api.Google Maps Api  adalah librarry javascript.menggunakan/memprogram google maps api sangat mudah.yang anda butuhkan adalah pengetahuan tentang html dan javascript,serta koneksi internet.Dengan menggunakan Google Maps API anda dapat menghemat waktu dan biaya anda untuk membangun aplikasi peta digital yang handal,sehingga anda dapat focus hanya pada data-data anda.Diarkan data peta-peta dunia menjadi urusan google saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut Analisa PVMBG Terhadap Gempa yang Guncang Jabar Selama Dua Hari Beruntun

Inilah Gambaran Badai Matahari 2019