UAS E-BUSINESS COVID-19


Pengalaman Di Masa Pandemic COVID-19




Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.

Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown  dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

Pada masa lockdown yang diterapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona ini, membuat masyarakat melakukan beberapa aktivitas nya dari rumah, atau menerapkan masa WFH (Word From Home) dan LFH (Learning From Home).

Hal tersebut juga terjadi pada saya pribadi. Melakukan aktivitas beberapa dari rumah, pasti membuat kita sering merasa bosan. Namun, dengan beraktivitas dari rumah kita diharapkan untuk tetep produktif dalam segala hal.

Beberapa aktivitas yang saya lakukan pada masa WFH (Word From Home) dan LFH (Learning From Home). Yaitu melakukan aktivitas perkuliahan online, karna saya sebagai mahasiswa di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, maka saya tetap aktivitas rutin perkuliahan dengan memanfaatkan beberapa aplikasi visual meeting.

Selain itu, saya pun memiliki aktivitas dengan mengajar anak-anak sekolah dasar di salah satu sekolah dasar swasta di kabupaten jombang. Aktivitas tersebut pun saya lakukan dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp, dimana aplikasi tersebut merupakan aplikasi messenger yang digunakan oleh sebagian besar orang yang memiliki handphone android.

Dengan melakukan aktivitas dari rumah, pasti sedikit banyak kita semua merasakan bosan bukan? Dari pengalaman saya, untuk mengatasi rasa bosan pada masa pandemic COVID-19 ini, saya sering mencoba mengasah skill saya dalam hal memasak, dan berolah raga.

Dengan mencoba beberapa resep makanan yang dapat kita buat sendiri, hal tersebut  membuat kita dapat memasak makanan sehat sendiri dan untuk orang sekitar. Selain memasak, saya pun melakukan beberapa aktivitas dengan berolah raga. Jadi, selain dapat memasak kita pun harus tetap berolah raga, karna kita harus tetap menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit virus Corona tersebut.

Selain melakukan produktifitas dengan mengasah skill dalam hal memasak dan berolah raga. Kita pun dapat memanfaatkan masa pandemic COVID-19 ini dengan tetep produktifitas yang juga mendapatkan penghasilan tambahan.

Beberapa aktivitas yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan memanfaatkan social media yang kita punya untuk berjualan online. Karna melihat keadaan sekarang pada masa COVID-19 yang mengharuskan masyarakat untuk tetap berativitas dari rumah, mereka lebih sering memilih membeli beberapa kebutuhan melalui online shop (belanja online).

Jadi, menurut pendapat saya. Strategi bisnis yang dapat kita lakukan untuk tetap mendapatkan penghasilan meskipun beraktivitas dari rumah yaitu dengan melakukan bisnis online shop. Dengan tetap memperhatikan kesehatan kita dapat menjual beberapa barang atau makanan dengan cara memposting di media social yang kita punya. Hal tersebut dapat menjadikan kita untuk tetap produktif dan dapat mendapatkan penghasilan tambahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berikut Analisa PVMBG Terhadap Gempa yang Guncang Jabar Selama Dua Hari Beruntun

Inilah Gambaran Badai Matahari 2019

JAWABAN UAS ENTERPRISE APPLICATION INTEGRATION